24 Januari, 2013

Penetapan Perjamuan Malam

Ketika sudah waktunya untuk makan makanan Paskah itu,
Yesus duduk bersama para pengikut-Nya di tempat perjamuan.
Lalu Ia berkata kepada mereka,
"Aku ingin sekali makan makanan Paskah ini bersama kalian
sebelum Aku menderita!

Sebab, percayalah: Aku tidak akan makan ini lagi
sampai arti dari perjamuan ini dinyatakan di Dunia Baru Allah."
Setelah itu Yesus mengangkat piala anggur,
lalu mengucap doa syukur kepada Allah,
kemudian berkata, "Ambillah ini, dan bagi-bagikanlah;
karena ketahuilah: mulai sekarang ini
Aku tidak akan minum anggur ini lagi sampai Allah
telah berkuasa dengan sepenuhnya."

Sesudah itu Yesus mengambil roti.
Dan setelah mengucapkan doa syukur,
Ia membelah-belah roti itu dengan tangan-Nya
lalu memberikannya kepada mereka, dan berkata,
"Inilah tubuh-Ku (yang diserahkan untuk kalian.
Lakukanlah ini untuk mengenang Aku."
Begitu juga setelah makan,
Ia memberikan piala anggur itu kepada mereka dan berkata,
"Piala ini adalah perjanjian Allah yang baru,
yang disahkan dengan darah-Ku--darah yang dicurahkan untuk kalian.")

"Tetapi lihat! Orang yang mengkhianati Aku ada di sini bersama Aku!
Anak Manusia memang akan mati sebagaimana telah ditentukan Allah;
tetapi celakalah orang yang mengkhianati-Nya!"
Maka mereka mulai bertanya-tanya satu sama lain,
siapa dari antara mereka yang akan melakukan hal itu.

Tidak ada komentar: