20 Januari, 2013

Zakheus

Ketika Yesus sampai di Yerikho,
Ia berjalan terus melintasi kota itu.
Di kota itu ada seorang kepala penagih pajak yang kaya. Namanya Zakheus.
Ia ingin melihat siapa Yesus itu,
tetapi karena orang terlalu banyak dan ia sendiri pendek,
maka ia tidak berhasil melihat Yesus.

Jadi, ia berlari mendahului orang-orang,
lalu memanjat sebatang pohon,
supaya dapat melihat Yesus yang sebentar lagi akan lewat di situ.
Ketika Yesus sampai di pohon itu, Ia melihat ke atas lalu berkata,
"Zakheus, turunlah cepat! Sebab Aku harus berkunjung ke rumahmu hari ini."

Zakheus cepat-cepat turun dan menyambut Yesus dengan gembira.
Semua orang yang melihat hal itu mulai menggerutu.
Mereka berkata, "Cih! Ia pergi bertamu di rumah orang yang tidak baik!"

Kemudian di rumahnya, Zakheus berdiri dan berkata kepada Yesus,
"Tuhan, separuh dari harta saya akan saya sedekahkan kepada orang miskin;
dan siapa saja yang pernah saya tipu,
akan saya bayar kembali kepadanya empat kali lipat!"

Lalu kata Yesus, "Pada hari ini engkau dan seluruh keluargamu
diselamatkan oleh Allah dan diberikan hidup yang baru,
sebab engkau juga keturunan Abraham.
Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan orang yang sesat."

Tidak ada komentar: