25 Januari, 2013

Yesus kembali di hadapan Pilatus

Pilatus mengumpulkan imam-imam kepala,
para pemimpin, dan rakyat,
lalu berkata kepada mereka,
"Kalian membawa Orang ini kepada saya
dan berkata bahwa Ia menyesatkan orang-orang.
Sekarang di hadapan kalian saya sudah memeriksa Dia,
tetapi saya sama sekali tidak mendapat satu kejahatan pun
yang kalian tuduhkan kepada-Nya.

Begitu pun pendapat Herodes,
sebab ia juga sudah mengirim Yesus itu kembali kepada kami.
Orang ini tidak melakukan sesuatu pun
yang patut dihukum dengan hukuman mati.

Karena itu saya akan mencambuk Dia kemudian melepaskan-Nya."
(Pada setiap perayaan Paskah,
Pilatus harus melepaskan seorang tahanan untuk rakyat.)
Semua orang yang berkumpul di situ berteriak,
"Bunuh Dia! Lepaskan Barabas untuk kami!"
(Barabas dipenjarakan karena
pemberontakan yang terjadi di kota dan karena pembunuhan.)

Pilatus mau melepaskan Yesus,
sebab itu ia berbicara sekali lagi kepada orang banyak itu.
Tetapi mereka berteriak, "Salibkan Dia! Salibkan Dia!"

Lalu untuk ketiga kalinya Pilatus berseru kepada mereka,
"Tetapi apa kesalahan-Nya?
Saya tidak mendapat satu kesalahan pun pada-Nya
yang patut dihukum dengan hukuman mati!
Saya akan mencambuk Dia, lalu melepaskan-Nya."

Tetapi mereka terus berteriak sekuat tenaga
bahwa Yesus harus disalibkan.
Dan akhirnya teriakan mereka berhasil.
Maka Pilatus menjatuhkan hukuman mati atas Yesus
sesuai dengan kemauan orang-orang itu,
dan melepaskan orang yang mereka minta,
yaitu orang yang dipenjarakan karena pemberontakan dan pembunuhan.
Kemudian Yesus diserahkannya kepada mereka
untuk diperlakukan semau mereka.

Tidak ada komentar: