23 Desember, 2012

Yesus di hadapan Pilatus

Pagi-pagi sekali mereka membawa Yesus
dari rumah Kayafas ke istana gubernur.
Orang-orang Yahudi sendiri tidak masuk ke dalam istana,
supaya mereka tidak menjadi najis secara agama,
karena mereka mau ikut makan makanan Paskah.

Karena itu Pilatus pergi ke luar pada mereka dan bertanya,
"Apa pengaduanmu terhadap orang ini?"
Mereka menjawab, "Seandainya Ia tak bersalah,
kami tak akan membawa-Nya kepada Bapak Gubernur."

Pilatus berkata kepada mereka,
"Ambillah Dia dan hakimilah Dia menurut hukummu sendiri!"
Tetapi orang-orang Yahudi itu menjawab,
"Kami tidak boleh menghukum mati orang."
(Ini terjadi supaya terlaksana
apa yang dikatakan Yesus mengenai caranya Ia akan mati.)

Pilatus masuk kembali ke istana dan memanggil Yesus,
lalu bertanya, "Apakah Engkau raja orang Yahudi?"
Yesus menjawab, "Apakah pertanyaan ini dari engkau sendiri
atau ada orang lain yang sudah memberitahukan kepadamu tentang Aku?"

Pilatus menjawab, "Apakah saya ini orang Yahudi?
Yang menyerahkan Engkau kepada saya adalah bangsa-Mu sendiri
dan imam-imam kepala. Apa yang sudah Kaulakukan?"

Yesus berkata, "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini.
Andaikata kerajaan-Ku dari dunia ini,
orang-orang-Ku akan berjuang supaya Aku
jangan diserahkan kepada para penguasa Yahudi.
Tetapi memang kerajaan-Ku bukan dari dunia ini!"

Maka Pilatus bertanya kepada-Nya,
"Kalau begitu, Engkau raja?"
Yesus menjawab, "Engkau katakan bahwa Aku ini raja.
Aku lahir dan datang ke dunia untuk satu maksud,
yaitu memberi kesaksian tentang kebenaran.
Orang yang dari kebenaran itu mendengarkan Aku."
Pilatus bertanya kepada-Nya, "Apa artinya kebenaran?"

Tidak ada komentar: