10 Desember, 2012

Yesus pergi ke Yerusalem untuk hari raya Pondok Daun

Setelah itu Yesus pergi ke mana-mana di Galilea.
Ia tidak mau ke daerah Yudea
sebab para penguasa Yahudi di sana bermaksud membunuh Dia.
Pada waktu itu sudah dekat Hari Raya Pondok Daun.
Maka saudara-saudara Yesus berkata kepada-Nya,
"Tinggalkanlah tempat ini dan pergilah ke Yudea,
supaya pengikut-pengikut-Mu dapat melihat juga pekerjaan-Mu.
Tak ada orang yang akan menyembunyikan apa yang ia lakukan,
kalau ia ingin menjadi terkenal.
Kalau Engkau melakukan hal-hal seperti itu,
seluruh dunia harus tahu!"
(Sebab saudara-saudara-Nya sendiri juga tidak percaya kepada-Nya.)

"Belum waktunya buat Aku," kata Yesus kepada mereka,
"tetapi untuk kalian, setiap waktu bisa.
Dunia ini tidak mungkin membenci kalian.
Tetapi Aku memang dibenci oleh dunia,
sebab Aku selalu mengatakan kepada dunia bahwa perbuatannya jahat.

Pergilah kalian sendiri ke perayaan itu.
Aku tidak pergi sebab belum waktunya buat Aku."
Begitulah kata Yesus kepada saudara-saudara-Nya,
dan Ia pun tinggal di Galilea.

Setelah saudara-saudara-Nya pergi ke perayaan itu,
diam-diam Yesus pergi sendirian tanpa diketahui orang.
Selama perayaan itu, para penguasa Yahudi mencari Dia
dan bertanya-tanya, "Di mana Dia?"

Banyak orang mulai berbisik-bisik mengenai Dia.
Ada yang berkata: "Ia orang baik."
Ada pula yang berkata: "Tidak! Dia menyesatkan orang banyak."
Tetapi tidak seorang pun
berani berbicara terang-terangan tentang Dia
sebab mereka takut kepada para penguasa Yahudi.

Tidak ada komentar: